Apakah Moon Face Bisa Disembuhkan?

07/30/2009 - 00:06
Informasi Obat
0

orang merekomendasikan

Moon face atau wajah yang bulat akibat akumulasi lemak di bagian pipi atau leher adalah efek samping yang dapat terjadi akibat konsumsi obat tertentu dalam jangka panjang. Apakah efek samping obat ini dapat dihilangkan?

Pertanyaan
Maaf saya tertarik dengan website untuk memecahkan solusi untuk masalah yang dihadapi teman saya yang menderita "full moon face" akibat mengonsumsi dexamethason 0.75 mg selama 1 bulan. Apakah full moon face bisa disembuhkan seperti sediakala?
Terimakasih
(Widiyanto Kurniawan melalui web serambi sehat)

 

Jawaban

Pak Widiyanto,

Terima kasih atas pertanyaan Anda mengenai cara mengatasi full moon face yang disebabkan oleh penggunaan deksametason jangka panjang. Deksametason umumnya digunakan sebagai antiinflamasi (untuk mengobati peradangan) dan imunosupresan (menekan kerja sistem imun, biasanya digunakan untuk mengobati penyakit autoimun seperti Lupus). Sebagai golongan kortikosteroid, deksametason harus sangat diperhatikan dosis dan penggunaannya.

Moon face terjadi akibat kelebihan hormon kortikosteroid dalam tubuh. Kelebihan hormon ini dapat berasal dari sumber eksogen seperti penggunaan jangka panjang obat deksametason, atau sumber endogen yaitu produksi hormon kortikosteroid oleh kelenjar adrenal di ginjal. Penggunaan deksametason jangka panjang pada akhirnya juga dapat menyebabkan turunnya produksi hormon kortikosteroid oleh kelenjar adrenal karena tubuh merespon terhadap tingginya kadar hormon kortikosteroid dalam darah dengan mengirimkan sinyal kepada kelenjar adrenal untuk menurunkan produksi hormon tersebut.

Kedua efek penggunaan jangka panjang ini dapat diatasi dengan penghentian obat secara bertahap. Anda dapat mengkonsultasikan pada dokter mengenai pengurangan dosis harian atau terapi selang hari (obat dikonsumsi setiap 2 hari sekali). Efek samping akan berkurang secara perlahan dan kelenjar adrenal akan kembali menyesuaikan produksinya. Tes fungsi kelenjar adrenal di laboratorium dapat dilakukan untuk mengetahui apakah kelenjar adrenal sudah sepenuhnya berproduksi dengan normal. Jika kadar kortisol dalam darah di pagi hari terukur lebih dari 10 mikrogram/dL, produksi hormon telah kembali normal dan penggunaan obat dapat sepenuhnya dihentikan.

Semoga membantu.

Share/Save

Info Penulis

Sekarang sedang terjun kembali di bidang studi manajemen, bertekad kuat dengan semangat 45 menjadi wanita mandiri, disertai kelihaian memasak yang amboi rasanya.