Ruang Lingkup Praktek Apoteker

06/07/2009 - 11:54
Apoteker Anda
5
orang merekomendasikan

Saat anak Anda bertanya, ”Apoteker itu apa?”. Atau saudara yang baru lulus SMA berniat melanjutkan kuliah ke jurusan farmasi bertanya ”Pekerjaan Apoteker itu seperti apa?”. Apa Anda langsung tahu jawabannya?

Saat anak Anda bertanya, ”Apoteker itu apa?”. Atau saudara yang baru lulus SMA berniat melanjutkan kuliah ke jurusan farmasi bertanya ”Pekerjaan Apoteker itu seperti apa?”. Apa Anda langsung tahu jawabannya?

Kebanyakan orang awam, akan menjawab apoteker itu orang yang bekerja di apotek. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena apoteker dapat melakukan pekerjaan kefarmasiannya di beberapa tempat, tidak hanya di apotek.

Siapakah Apoteker?
Seseorang disebut apoteker jika telah lulus sebagai sarjana farmasi dan telah mengucapkan sumpah jabatan apoteker, mereka yang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku berhak melakukan pekerjaan kefarmasian di Indonesia sebagai apoteker.

Apa yang dilakukan oleh Apoteker?
Pekerjaan seorang apoteker atau praktek kefarmasian meliputi pembuatan, termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan obat, pengadaan obat, penyimpanan obat, dan distribusi obat, pengelolaan obat, pelayanan obat, pengembangan obat, bahan obat, dan obat tradisional.
Dalam kalimat singkat, apoteker akan berada di sisi hulu hingga hilir perjalanan sebuah sediaan farmasi berupa obat, obat tradisional, suplemen, ataupun alat kesehatan. Apoteker dapat berpraktek di industri, apotek, rumah sakit, lembaga penelitian dan badan pemerintah.

Seperti apakah contoh nyata pekerjaan kefarmasian?
Di Lembaga penelitian, apoteker meneliti khasiat dan keamanan obat bahkan menemukan obat baru. Selain itu apoteker juga dapat merumuskan formula obat atau bentuk sediaan baru agar obat dapat lebih bermanfaat bagi pasien.
Apoteker bertanggung jawab terhadap produksi suatu obat dan menjamin kualitas obat tersebut sesuai dengan peraturan CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) di Industri Farmasi.
Apoteker yang mengabdikan diri di badan regulasi seperti Badan POM merumuskan peraturan-peraturan dan melakukan fungsi pengawasan terhadap obat, obat tradisional, kosmetik serta bahan makanan yang beredar di Indonesia demi kepentingan konsumen.
Di Rumah Sakit atau apotek, apoteker mengelola persediaan obat dan alat kesehatan, menjamin distribusi obat, dan memberikan pelayanan resep dan informasi obat.
Demikian selintas tentang apoteker. Profesi yang mungkin tak pernah Anda lihat langsung di depan mata Anda tetapi mengambil peran dalam kesehatan Anda.

Share/Save

Info Penulis

Di selang kesibukannya menjadi pemandu ilmu kesehatan di Indonesia Timur, kontributor SS yang satu ini gemar sekali merangkai kata-kata manis melankolis dan bercita-cita teguh menjadi praktisi farmasi komunitas.